27
Jun
09

“ EFFECT CHARACTER DALAM BERMAIN GITAR “

“ EFFECT CHARACTER DALAM BERMAIN GITAR “

Kita mengenal beberapa jenis efek secara garis besar, seperti WAH, COMPRESSOR, OVERDRIVE/DISTORTION, EQUALIZER, MODULATION dan AMBIENCE. Pada artikel ini, akan dibahas seperti apa karakter dari jenis jenis efek terserbut.

a.WAH WAH

Pedal wah wah cukup mudah untuk dijelaskan. Pedal ini membuat sound gitar bersuara “waowao”. Wah pedal bermain main dengan tone pada gitar. Pada dasarnya, mirip seperti knob tone pada gitar yang dikontrol dengan pedal.Pedal wah disarankan ditempatkan di paling awal, mendapat sinyal langsung dari gitar. Agar wah dapat bekerja maksimal membentuk tone, langsung dari sinyal aslinya yaitu gitar.Menempatkan wah sebelum distorsi/overdrive, dapat sedikit banyak menambah sustain dan “ketebalan” distorsi, memberikan suara yang “bernyanyi” seperti suara manusia.Menempatkan wah setelah distorsi/overdrive, membuat wah tidak bisa bekerja maksimal pada setiap frekwensi, mengingat distorsi/overdrive telah “merusak/men’distorsi” sinyal awal dari gitar.Bagaimanapun, terkadang menempatkan wah setelah distorsi’pun bisa menghasilkan suara yang asik! Remember: there is no rules, just try it!Hanya saja, pada umumnya, wah akan bekerja maksimal bila ditaruh pada urutan pertama.

b.COMPRESSOR

Compressor pada umumnya berfungsi untuk membuat gain/volume menjadi stabilMisalkan, petikan lemah pada dawai akan menghasilkan sound yg kecil pula. Sebaliknya, petikan kasar pada dawai akan menghasilkan sound yang lebih keras. Compressor mem’boost sinyal yg kurang kuat, dan menahan sinyal yang terlalu kuat. Sehingga keluar dengan volume yang cukup seimbang.compressor adalah amplifier, artinya compressor dapat menambahkan dan menguatkan gain sinyal yang masuk.Bila compressor ditaruh setelah efek yang berisik seperti distorsi yang mengandung noise, noise itupun juga akan ikut menjadi lebih terasa.Compressor yang ditaruh sebelum distorsi, dapat membuat sound distorsi nantinya menjadi lebih “tebal” dengan cara menguatkan sinyalnya, sebelum masuk ke pedal distorsi.Taktik ini biasanya digunakan terhadap gitar gitar yang memiliki output kecil, seperti yg menggunakan single coil.

c.OVERDRIVE/DISTORTION

Overdrive dan Distortion adalah 2 hal yang serupa, tapi tak sama.Seperti namanya, overdrive adalah sinyal clean yang dikuatkan secara berlebih, sehingga sedikit menimbulkan suara yang sedikit terdistorsi.Sedangkan Distortion, adalah pemotongan, penguatan dan penghancuran sinyal secara ekstrim, sehingga menghasilkan sound yang betul betul rusak dan sangat terdistorsi.Pada umumnya, Distortion lebih galak dari overdrive, memiliki kadar distorsi yang jauh lebih pekat dari overdrive, dan sudah terkompress dengan baik.Overdrive, bersifat lebih crunch, kadar distorsi yang tidak terlalu banyak, lebih open dan presence.Distortion tidak lebih baik dari Overdrive, begitu juga sebaliknya. Masing masing memiliki karakter tersendiri.

d.EQUALIZER (EQ)

Equalizer adalah alat yang bermain main dengan frekwensi. Dengan EQ, kita bisa mem’boost frekwensi tertentu yang kita inginkan, dan membuat tone sound kita menjadi lebih seperti yang kita inginkan.Kadangkala kita ingin sound yang lebih banyak MID’nya, atau lebih terasa pada LOW’nya. kita dapat menggunakan EQ untuk mendapatkan yang kita inginkan.EQ juga dapat digunakan untuk meng’Cut frekwensi tertentu yang tidak diinginkan. Cara seperti ini biasa digunakan untuk menghilangkan noise.EQ pada umumnya ditaruh setelah wah>compresor>drive, Untuk lebih menyempurnakan sound yang sudah dibentuk sebelumnya. Bisa juga ditaruh sebelum Drive dan berfungsi seperti compressor, yaitu mem’boost sinyal awal, untuk mendapatkan gain yang lebih kuat dan tebal.

e.MODULATION

Meliputi keluarga CHORUS, FLANGER, PHASER, TREMOLO, PITCH SHIFTER dan lain lain. Agak sulit untuk menjelaskan apa yang dilakukan efek ini, akan lebih mudah dimengerti bila anda mendengarnya sendiri.Modulation ini memberikan tambahan2 warna suara yang unik pada sound, dan memberikan perubahan perubahan yang cukup signifikan bila ditempatkan di awal, atau di akhir rantai efek. Jadi,banyak banyaklah bereksperimen dengan jenis efek efek seperti ini, dan dapatkan sound idaman!

f.AMBIENCE

Yang termasuk dalam keluarga ini adalah delay dan reverb.Delay adalah gema panjang, bayangkan bila anda berteriak di bukit bukit/ jurang, akan menimbulkan gema yg berulang ulang. itulah gambaran efek delay.Reverb, lebih seperti kumpulan delay yang pendek dan banyak, hampir tak terdengar, Sehingga menciptakan efek gema didalam ruangan. Bayangkan ada berbicara di dalam kamar mandi, ada gema pendek yang membuat suara anda “khas kamar mandi”. Kita boleh sebut itu tipe “Reverb Kamar Mandi”. hehehe..Taruh efek efek ambience ini di paling akhir rantai efek, untuk menciptakan efek ruang dan gema yang indah dan terdengar seperti aslinya, seolah olah anda berada di ruangan tersebut.Sekali lagi, THERE is NO rules! jadi jika anda mau menaruh Reverb di awal awal rantai efek, tidak masalah! Hanya akan menciptakan suasana sound yang berbeda.


0 Responses to ““ EFFECT CHARACTER DALAM BERMAIN GITAR “”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: