22
Jun
09

“ CARA MEMBUAT SEBUAH LAGU “

“ CARA MEMBUAT SEBUAH LAGU “

Seperti halnya di industri, sebuah produk memerlukan input yang baik untuk menghasilkan output yang berkualitas. Demikian juga halnya industri musik, para musisi harus memiliki input2 yang inspiratif untuk menghasilkan lagu2 yang berkualitas dan layak didengar. Seperti apakah input2 tersebut? mari kita bahas satu persatu.

1. Skill musik yang terlatih
Jelas, skill musik merupakan faktor utama dalam menciptakan lagu. Bagaimana bisa orang yang bernyanyi saja sumbang bisa menciptakan sebuah nyanyian yang merdu?? ato minimal si musisi mengerti nada2 musik yang bisa dia mainkan di piano, gitar, dsb.

Perlu waktu yang lama dalam mempelajari musik, hitungannya tahun. Sehingga wajar banyak orang menyarankan untuk belajar musik dari kecil. Tapi sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar musik, jangan pernah merasa telat karena melihat umur, pada intinya kita bermain musik karena memang di situlah jiwa kita sebenarnya.

Jadi 1 hal yang paling penting untuk direnungkan terlebih dahulu adalah :
Benarkah musik adalah jiwa anda sesungguhnya ?

Orang yang belajar musik dari kecil pun tidak dijamin menjadi musisi yang baik, kalo ternyata jiwanya tidak di situ… Siapa tau dia belajar karena hanya disuruh orang tuanya, padahal jiwanya adalah otomotif (misalnya).

Jika anda bisa menjawab pertanyaan di atas dan benar2 yakin akan jawabannya, maka jangan putus asa untuk menjadi musisi yang baik!!

2. Mood dan Psikologi
Point ke dua ini juga tidak kalah pentingnya, malahan saya bilang “Musik adalah pelajaran Psikologi“. Setiap karya yang kita buat benar2 mencerminkan siapa kita sebenarnya. Musik adalah makhluk yang jujur seperti cermin yang selalu memperlihatkan seperti apa kita adanya.

Oleh karena itu, jangan membuang2 waktu untuk membuat lagu ketika perasaan hati anda tidak enak, jangan memaksakan diri. Atur dulu mood anda, baru keluarkan dalam bentuk karya musik. Jika anda dalam keadaan senang dan bangga pada diri anda, maka lagu yang tercipta pun akan menyenangkan dan membanggakan buat diri anda.

3. Lingkungan
Point ke tiga ini sangat erat berhubungan dengan point ke dua di atas. Tentu saja dengan berada di lingkungan yang menyenangkan anda bisa lebih produktif dalam membuat lagu. Orang yang sedang kasmaran, misalnya, tentu dia bisa membuat lagu yang menggugah perasaan dia. Rasa kasmaran seperti itu timbul dari lingkungan anda yang hasratnya selalu didampingi oleh kekasih tercinta.

Jadi, jika anda seorang seniman sejati, anda harus bisa mensyukuri setiap hal yang terjadi di sekitar anda. Seorang seniman memiliki kepekaan yang tinggi dalam mengapresiasikan semua hal yang didengar, dilihat, dan dirasakan.

4. Mendengarkan karya musik orang lain
Point ini adalah yang terakhir dari penulis, sebagai bagian yang mutlak harus ada dalam membuat lagu. Lagu2 yang kita dengar merupakan inspirasi yang membentuk karakter musik kita, membuat kita memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain. Point ini bisa disebut jalan pintas dalam membuat lagu, karena seringnya orang dengan mudah meniru lagu orang lain. Mereka yang ga mau repot dan hanya mengincar segi komersil, sering mencari2 lagu orang lain yang bagus2 tapi masih jarang didengar orang. Misalnya lagu aslinya dari luar negeri, lalu diadopsi menjadi bahasa Indonesia.

Hal ini lah yang menjadi tantangan buat para musisi sejati, karena inspirasi dari lagu orang lain emang harus ada, tapi itu semua hanyalah inspirasi!! Bukan sesuatu untuk ditiru!!

Sumber : Majalah Kort


0 Responses to ““ CARA MEMBUAT SEBUAH LAGU “”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: